Love Bird Mau Tidur Bareng 7

Tanya:
Dari 2 pasang yg saya punya 2 ekor jantan klep, hijau ma 2 ekor betina ijo non klep, dach dicoba disangkarkan rame2 (4 ekor satu kandang),..tapi kok ga ada yg boboan malem berdua. Trs kalo siangnya malah kejar2 sambil jeritan (yg jerit2 biasanya yg jantan).
Mohon pencerahannya, gimana tanda2 pasangan itu mulai berjodoh. Cumbuan seperti apa?
Apakah karena hanya ada 4 ekor, saling ego masing2, bisakah sy coba hanya 1 jantan aja di kandang penjodohan itu dgn lebih dari 2 betina (misal akan saya belikan lg 1~2 ekor).
Trs kalo sudah terlihat ada tanda2 mulai berjodoh, apakah langsung pindahkan ke sangkar perkawinan? Trs setelah dipindahan, Berapa lama proses penjodohan u/ mlanjutkan perkawinan dan bertelur?
Di tunggu responnya. (Syaiful)

Jawab:
LB yang kejar2an dipastikan tidak jodoh. Untuk penjodohan dengan stok burung terbatas, letakkan masing-masing jantan betina di sangkar2 terpisah dan didekatkan. Kalau mereka sudah selalu berdekatan (perlu waktu sampai 3-7 hari) maka kemungkinan mereka berjodoh. Tetapi sesungguhnya, penjodohan harus dilakukan kalau masing2 sudah memasuki masa birahi (bunyi terus dan menunjukkan perilaku birahi: jantan berusaha mengawini benda2 didekatnya, sedangkan betina merunduk sembari membuka sayap dengan ekor naik-turun). Kalau jantan-betina sama2 birahi, biasanya (hanya dalam waktu sehari) bisa langsung jodoh. Kalau belum birahi (birahi nggak bersamaan) maka penjodohan sulit dilakukan. Yang nggak birahi biasanya dikejar2 dan bisa stres kalau terus2an.
Untuk penjodohan di kandang besar, membutuhkan materi (jantan-betina) yang banyak, paling tidak sampai 5 ekor jantan 5 betina. Kalau sudah berdekatan terus-menerus, mereka biasanya masuk ke sangkar kotak/glodok bareng2. Bisa saja diternak di situ, bisa juga dipindahkan bareng2 ke kandang penangkaran yang kecil.
Kalau sudah jodoh, dua pekan kemudian biasanya sudah nelor/ngeram. Masa ngeram 21 hari. Dan anakan (diberi makan indukannya) baru keluar kotak setelah sekitar sebulan.
Jika anak sudah keluar, ambil dan pindahkan ke sangkar tersendiri. Kalau anak sudah diambil, biasanya 10 hari kemudian si betina sudah nelor lagi dan ngeram.
Demikian. (Duto)

Love Bird

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *