Penangkaran Love Bird 3

Kalo bole urun ide… kalo di tempat saya…. spy tempat makan extra fooding ga digauli semut, saya memakai tempat makan dari plastik yg lonjong. Lalu saya tempelkan/lem sedemikan rupa pada nampan plastic, kemudian setelah itu nampan kita isi air jadi sekalian bisa dipake padusan ama burungnya. (Dolphinrd)

 

Jawab:
Ide bagus juga itu. Hanya saja, menurut saya, itu berisiko airnya yang kotor (karena pasti kena kotoran burung) keminum burung atau malah (seperti Anda bilang) untuk mandi. Besar pula kemungkinan pakan terciprat air. Ini bahaya karena dalam kondisi lembab, hanya dalam waktu semalam saja wadah pakan/pakan sudah ditumbuhi jamur.
Trims. (Duto)

Saya mau tanya lagi, mengenai kelembaban kotak sarang, apa boleh kita semprotkan dengan air (kotak luarnya). Salam (Lucky)

Baca juga  Penangkaran Anis Merah: Penelitian Kutilang Indonesia (2)

Jawab:
Nggak perlu. Dengan Anda menyediakan air di wadah yang cukup bagi LB untuk mandi, maka dia akan mandi dengan sendirinya kalau secara naluriah dia merasakan udara kurang lembab. Atau kalau Anda sediakan daun kangkung, maka dia akan memasukkan daun kangkung basah ke dalam kalau merasa kurang lembab.
Artinya, kelembaban nggak perlu kita rekayasa karena mengukur kelembaban ideal bagi penetasan LB juga sulit (beda dengan kelembaban dalam kotak mesin penetas telor).
Demikian. (Duto)

Love Bird

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *