Sangkar dan Gangguan : Penangkaran LB (1),

T

Pertanyaan dan komentar:

Pada sangkar kenari itu,..memang ada dua pintu ya,..(kalo ga salah lihat),..maksudnya apa Mas?..Jga mo nanya,..apakah penempatan sangkar kotak besi yang ditempel rapat ke sudut pada tembok,…saat penangkaran/pengeraman,..apa gak mengundang semut,.cicak,..etc…yg akan mengganggu proses pengeraman/ meloloh piyikan..?
Piyikan LB yg ada di besek yg ditunjukan di foto itu,…memang sengaja dilepas asuh sama induknya, apa.nantinya dimasukan lg ke kotaknya..?

Upsss semangat neeh nanya terus,….kandang yang sedang dibuat (ada orangnya),..rencana mo buat nangkar apa,…?..atau kandang pembesaran piyik2 LB/ kenari…? (Syaiful)

Jawab:
Dua pintu, satu untuk jalan keluar-masuk makanan dll. Satu pintu adalah pintu kotak tempat burung nelor/bersarang. Jadi berfungsi sebagai pintu kontrol.
Nggak ada gangguan tuh meski ditempel di dinding. Semut juga terlihat, tetapi nggak mengganggu.
Anakan yang saya tunjukkan itu saya masukkan lagi ke kotak. Maunya saya loloh sendiri, tetapi kasihan melihat indukannya pada mlolor mencari anakannya, akhirnya saya masukkan lagi. Indukan tetap mau meloloh karena semua LB saya, sudah saya kondisikan untuk tidak kagetan (tipsnya menyusul).
Itu kandang yang ada orangnya, juga kandang LB. Cuma yang deretan berikutnya, ada yang kosong 5 kandang, bekas kandang jalak suren (terjual n buat beli indukan2 LB), kandang pasangan AK dan murai batu.
Orang yang ada di kandang itu sedang ngambil anakan LB kuning krem untuk dijadikan foto model dengan fotografernya Pak Reggy hehehehe.
Terima kasih. (Duto)

Baca juga  Lovebird ngekek panjang warna eksotik produk Music BF Jakarta

Komentar Om Reggy;

Saya bantu jawab ya mas Sjaiful,
Piyekan yang difoto itu sengaja dikeluarin sama mas Duto untuk difoto, kemudian dimasukkan lagi ke sangkarnya.
Kiatnya Mas Duto untuk pelihara piyikan, dari sebelum bertelur sangkar pengeraman setiap hari dibuka sama Mas Duto, setelah ada telornya, telurnya dikeluarin lalu dimasukin lagi. Begitu seterusnya sampai dengan piyikannya.
Makanya LBnya tenang2 aja walaupun sudah bau tangan manusia.
(Reggy/Lion Ling)

Tanya:
Arti keluarin telor/piyikan? Dikeluarin dari kotak/gowoknya apa benar2 dikeluarin,..(atau cuma dgn gowoknya aja dikeluarin dari sangkar hanya u/ dilihat dan ngelatih biar bau tangan ga bikin kaget si induk..! Gimana kalo kondisi telor,..kalo dipegang2 itu apa ga malah bantet/busuk,..ga bakalan netes..!! Kalo iya piyikannya aja yg dikeluarin see its Ok gpp,..biar nantinya si induk paham kalo anakannya dach bau tangan tetap diloloh juga. (Syaiful)

 

Jawab:
Hahaha, kayaknya Mas Syaiful penasaran nih. Ya memang benar2 saya keluarkan untuk dilihat2. Buktinya netas tuh Mas.
Soal telor kena tangan itu nggak bakalan membuat busuk kecuali bentet/lobang. Tangan basah juga gpp toh meski sedang ngeram, LB juga masih suka mandi.
Begitulah memang Mas. (Duto)

Bersambung…..

<h4″>Tips dan info lain:

1. Jika burung jantan untuk penangkaran tidak juga gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau burung betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor burung tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang “berisi” dan kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja).

Baca juga  Arco BF Serang makin berkibar: Tambah 50 kandang di lokasi baru

Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung.

2. Jika burung-burung anakan dari penangkaran kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral (klik saja).

Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah.

3. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar burung yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana?

Salam sehat burung Indonesia…. Om Kicau.

Love Bird

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *