Tips Memilih AM menurut Katuranggan

Banyak sudah tips yang diberikan pemain burung untuk memilih AM berdasar tampilan fisik, mulai dari soal warna kaki, bentuk dan besarnya mata dan sebagainya.
Saya hanya mau nambah satu hal yang mungkin belum pernah terperhatikan. Ini adakah tips yang dimiliki seorang penghobi burung AM di Sleman, seperti dituturkan Om Erik, kawan saya.
Tren AM yang dicari saat ini adalah yang punya gaya tarung/teler aneh. Untuk mencari AM yang teler aneh, maka caranya adalah mencari AM yang bodinya aneh (bukan cacat). Entah itu yang lehernya kelihatan/terkesan pendek dan sebagainya (justru di luar pakem yang sudah populer).
Dan satu kunci yang perlu diperhatikan adalah AM yang kinerja telernya bagus, rata-rata kalau berdiri justru tidak tegap, malah cenderung doyong ke depan, seakan-akan mau tersungkur. Jadi, cobalah cari AM yang kalau dilihat dari samping, “timbangan” badannya berat ke depan bukan ke belakang. Berdasar pengalaman penghobi Sleman (almarhum) itu, AM yang doyong ke depan akan punya gaya teler yang “masuk” dalam kriteria “teler bagus” saat ini.
Sebagai “PR”, coba Anda perhatikan beberapa AM jawara (kriteria penilaian saat ini), bagaimana “doyongan” berat badannya.
Semoga bisa menjadi tambahan referensi.
Salam,

Anis merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *