2 cara mengatur menu makan kicau

Lain lading lain belalang lain lubuk ikannya. Ungkapan itu saya anggap pas untuk mengantar tulisan mengenai perbedaan cara mengatur menu pakan. Istilah kicaumanianya adalah setting pakan.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ada dua cara yang secara umum bisa diterapkan untuk mengatur menu pakan. Pertama adalah “setting tinggi” dan kedua adalah “setting rendah”.

Setting tinggi adalah memberikan pakan dan extra feeding (EF) ke burung dalam jumlah tak terbatas; sepanjang burung mau makan terus maka pakan dan EF diberikan tanpa batas. Kemudian jumlah diturunkan sampai terlihat pengaruh jumlah ideal pada burung.

Baca juga  Rawatan cucak jenggot ala Otang Bubur, buah pepaya kendalikan birahi

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss…

Setting rendah adalah memberikan EF dari jumlah sedikit dan terus ditingkatkan mencapai settingan ideal.

Mana di antara keduanya itu yang Anda pilih? Masing-masing tentu sesuai selera tujuan kita serta karakter burung yang akan kita setting pakannya.

Untuk tujuan masing-masing cara setting itu, akan saya sampaikan pada tulisan berikutnya. Yang jelas, Anda harus tahu bahwa tidak ada cara mutlak dalam setting pakan, yakni dari jumlah rangsum sedikit ke jumlah banyak atau sebaliknya, dari sedikit ke banyak. Kedua cara bisa dipilih dan masing-masing juga bisa memberi efek yang baik maupun efek yang buruk.

Burung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *