Burung anda kemaster oleh suara “setan”

Persoalan klasik lain dalam perawatan burung adalah burung yang secara tidak sengaja telanjur menirukan suara-suara yang tidak kita kehendaki, atau sebut saja s”uara setan”. Misalnya adalah pertanyaan Om Hari di postingan “Rawatan lanjutan Anis Kembang dan Murai Batu“. Tanya jawab tersebut seperti ini:

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

“Saya punya Cucak cowo, karena pernah digabung dengan murai batu, sekarang klo berkicau sering suara MB. Bagaimana caranya mengembalikan ke suara asli CR?”

Jawab saya adalah:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss…

Satu2nya jalan ya dipisahkan dari suara burung lain, dan kemudian dimaster ulang. Cara pemasterannya ya biasa saja. Perdengarkan suara CR yang diputar dengan CD player atau kaset dengan tape recorder. Tidak perlu seharian diputar, cukup pagi dan sore saja.
Untuk CR yang punya karakter suara ropel, bisa dimaster dengan suatra ropel, yang engkel/ hanya nglagu, ya pakai masteran engkel. Banyak dijual di pasaran kok.

Baca juga  Serunya berburu adenium di Negeri Berjuta Candi

Nah dalam hal burung lain selain CR, caranya hampir sama. Untuk pemasteran yang lebih efektif, bisa dilakukan ketika burung bersangkutan molting/moulting (mabung).

SUARA BURUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *