Membuat bulu burung berkilau

Problem bulu burung yang kusut atau keriting memang menjengkelkan. Om Buchori misalnya pernah bertanya tentang tips agar burungnya bisa tampil mengkilap.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Hal utama penyebab bulu kusam pada burung adalah kurangnya minyak/lemak di “muara” kelenjar lemak yang terletak di atas pantat burung. Untuk “menambahnya” beri minyak ikan, dengan cara disuntikkan ke jangkrik dan berikan ke burung.
Tetapi, kadang kala, kusamnya bulu burung bukan karena lemaknya kurang, tetapi lubang kelenjar minyak tertutup kotoran yang mengering ataupun bekas luka yang mengering.

Jika demikian, kita pegang saja burung dan dicek kelenjar minyak di atas pantat burung. Pencet lembut saja bagian itu dan rasakan apakah ada minyak di tangan kita. Kalau tidak ada, berarti ada kotoran yang menutup (sebab meskipun kandungan minyak cuma sedikit, minyak tetap keluar dan terasa di tangan kita).

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss…

Selain karena kurangnya lemak, bisa jadi bulu telanjur rusak karena:

Baca juga  Vitamin menghadapi musim hujan

1. Burung masih dalam keadaan basah, langsung dijemur (membuat bulu keriting dan karenanya terlihat kusam).

2. Pernah disemprot larutan anti kutu ataupun larutan (yang sebenarnya bertujuan) untuk membuat bulu mengkilap (yang kalau dihentikan dari pemakaian rutin, bulu malah rusak). Pada larutan anti kutu biasanya dicampurkan ke dalamnya suatu zat untuk menghilangkan/merusak lapisan lilin pada bulu burung. Gunanya memang agar larutan bisa menempel pada bulu. Tetapi efeknya, bulu jadi kehilangan pelindung (seperti daun talas atau daun pisang yang kehilangan zat lilin: mudah basah).
Oleh karena itu Anda harus memastikan bahwa obat antikutu yang Anda pakai tidak mengandung zat peluruh zat tanduk atau zat lilin pada bulu burung. Untuk itu saya rekomendasikan untuk penggunaan FreshAves, obat kutu tanpa peluruh zat lilin pada bulu burung.

3. Ketika mabung, burung kekurangan lemak sehingga meskipun saat ini produksi lemak di kelenjar lemak banyak, sudah tidak bisa menolong kondisi bulu yang telanjur rusak. Untuk itu, ada baiknya selama burung mabung Anda memastikan kecukupan vitamin dan mineral dengan BirdMolt, atau minimal dengan pemberian BirdVit untuk rawatan harian.

Baca juga  Berak kapur sangat menular dan berbahaya bagi burung

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis… Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dengan meneliti kondisi satu-persatu hal di atas, Anda akan bisa menyimpulkan mengapa burung Anda bulunya kusam dan bagaimana mengatasinya. Kalau memang sudah telanjur rusak dan bukan karena kelenjar lemak tertutup atau produksi lemak sedikit, maka tidak akan bisa pulih kecuali setelah melewati masa mabung yang dirawat dengan benar.

Burung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *