Memelihara Burung Kacer Mabung

 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Om gimana cara merawat kacer pada saat sebelum mabung dan saat mabung dan kira2 berapa lama proses untuk kacer mabung?.  Trimmmsss……bwat infonya

Paunks

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss…

Jawab:

Perawatan untuk kacer ketika tanda-tanda mau mabung sudah kelihatan (bulu2 kecil mulai berjatuhan satu-dua) lakukan saja treatment mabung secara ekstrem agar mabung sempurna:
1. Full kerodong.
2. Ganti merk voer (ganti voer 521 pakan ayam jig bagus untuk mempercepat rontok).
3. Tembak kroto sehari sesendok makan (kalau untuk harian, kacer tidak perlu dikroto. Pemberian kroto dihentikan setelah bulu lama rontok semua).
4. Nggak dimandikan, nggak dijemur.
5. Nggak usah dibersihkan kotorannya selama tidak berjamur.
6. Taburi dulu bagian dasar sangkar dengan kapur setebal sekitar 2 mm merata; kemudian di lapisan atasnya taburi lagi dengan dedak/katul setebal sekitar 1 cm juga merata.

Baca juga  Burung mabung, antara “cabut paksa” versus “mandi sauna”

Proses mabung kacer lebih cepat ketimbang MB misalnya. Mulai bulu rontok sampai bulu pulith kembali sekitar 2 bulan. Setelah bulu pulih semua, baru burung dimandikan dan jemur secara bertahap. Baru sekitar 1 bulan setelah bulu lengkap, yakni setelah melalui proses penjemuran dsb, kacer bisa ditampilkan/ditrek dengan kacer lain.
Oke?

Tanya:

Saya mau tanya lagi neh Om….Duto :
1. Kacer ngurak/mabung belum tuntas maksudnya  bagaimana ?
2. Cara mengatasi kacer yang ngurak/mabung belum tuntas ?
3. Cara merawat kacer yang sudah melalui masa   ngurak/mabung agar kondisinya fit kembali ?
3. Cendet biar ga suka salto diapain soalnya bunyi selalu diimbangi dengan gaya saltonya?
4. Klo boleh nambahin om.. info tentang seputar kacer tolong ditambah ya… biar seru….

Thanks…..
Salam Kenal Paunks

Jawab:

1. Kacer mabung belum tuntas itu artinya bisa jadi bulu baru sudah komplit, tetapi masih ada bulu-bulu kecil yang tertutup lapisan tanduk. Itu artinya ada bulu yang belum mecah/terbuka secara sempurna.
Biasanya ini terlihat di bagian kepala, leher, dekat paruh dsb.
2. Ya masih terus dilanjutkan terapi mabungnya.
3. Mandikan dan jemur rutin secara bertahap. Untuk mandi, minimal sehari sekali. Untuk penjemuran jangan lama-lama pada tahap awal. Misalnya, pada hari pertama sampai hari ketiga mulai jam 7 sampai jam 8. Hari ke-4 sd. ke-7 sampai jam 9. Hari ke-8 dan seterusnya sampai jam 10.
4. Kalau pentet suka salto, maka itu sudah menjadi karakternya. Sulit dihilangkan. Untuk menguranginya, pakai kandang kotak (panjang-lebar sama; tinggi standar) bukan yang bentuk bata (panjang-lebar berbeda).
Selain itu tangkrigan dibuat dua, saling melintang atas bawah.
Cuma, kalao sudah terbiasa salto, kalau dia tidak ada tempat untuk bersalto, maka power suara/kegacorannya bisa berkurang.
5. Saya usahakan ya.

Baca juga  Kesabaran ADR menangani kacer Dewa Racun

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis… Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Salam,

kacer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *