Mengenal Kenari Waterslager

richard-21
Richard Rolloff’s Bird Room. Beberapa ekor WS hasil tangkaran Richard (Oregon) setelah bergelut dengan kenari selama 30 tahun. (Foto: www.westernwaterslager.org)

Oleh: Kian Sing

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kenari waterslager adalah satu di antara tiga jenis kenari yang diakui oleh World Ornithologic Organization/Confederation Ornithologique Mondiale (COM) atau Organisasi Ahli Burung Dunia. Dua jenis lainnya adalah German Harz Roller (di Indonesia dikenal dengan nama Harzer) dan Spanish Timbrado. Tiap-tiap jenis tersebut mempunyai lagu yang khas dan jelas berbeda serta dapat dikenal dengan mudah walau oleh penggemar baru. Harzer mempunyai lagu yang menggema dan panjang, suaranya seperti suara dalam. Variasi lagu yang utama adalah nge-roll, dapat dikatakan selalu ada huruf ‘r’ di antara suku kata. Variasi lagu yang utama adalah ‘hollow roll’: rorororororororo… variasi ini dijadikan keharusan bagi Harzer. Variasi lain yang harus dipunyai oleh jenis kenari asli Jerman ini adalah tembakan yang dinamai ‘Pfeiffen’ atau ‘Flute’ yang mana ada spasi di antara suku kata, contohnya: … su-su-su-su.

Baca juga  Kenari holland dan taiwan laris-manis di Pasar Kolong Kebayoran Lama

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis… Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Walau begitu, variasi lagu ini tidak begitu unik sebelum diketemukan Waterslager dan Timbrado. Harzer sangat terkenal di luar negeri, walaupun perkembangannya tidak secepat waterslager.

Kenari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *