Mengatasi Anis Kembang Mabung

Met siang mas, Maaf blom bs maen ke rmh mas krn msh repot. Mau tanya soal anis kembang (AK) mas. Sy hbs beli AK pas posisi brodol alias ngurak alias mabung hehe…. biar komplit mas. Mmg sblum sy ambil sdh kelihatan AK-nya mau brodol. Stlah sampe di rmh msh ttp brodol tp stlah bbrp hari krn ada semut yg masuk ke sangkar akhirnya AK sy mandiin skalian cuci sangkarnya. Ternyata stlah AK tak mandiin e..e..e.. malah gak nerusin tuh brodolnya. Mhn info or pengalaman mas duto, gmn biar AK tsb lanjut brodolnya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Matur nuwun,
Salam,
@nDry

Baca juga  Burung terpinggirkan di ajang lomba (3): Bali coba angkat lagi pamor anis kembang dan tledekan

Jawab:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss…

Hehe, kalau itu kan pernah saya ulas di KM juga. Intinya diteruskan dengan terapi mabung total. Terapkan saja cara ini:
1. Full kerodong.
2. Ganti merk voer.
3. Tembak kroto sehari sesendok makan.
4. Nggak dimandikan, nggak dijemur.
5. Nggak usah dibersihkan kotorannya selama tidak berjamur.
6. Taburi dulu bagian dasar sangkar dengan kapur setebal sekitar 2 mm merata; kemudian di lapisan atasnya taburi lagi dengan dedak/katul setebal sekitar 1 cm juga merata.
Nanti akan akan berlanjut rontoknyha meski nunggu beberapa hari.
Kalau ada masalah, tulis lagi aja.
Salam,

Cara membedakan Anis Kembang (AK) trotolan jantan-betina

Malem Om Duto, saya baru beli burung anis kembang (AK) dari anak berumur 1 bulan. untuk bedakan cowok-cewek gimana ya Om? Dan kalo siang hari digantungkan, AK suka tidur dengan satu kaki, apa AK sakit? Oh iya Om satu lagi, kalo memberi pakan apa saja yah, om biar cepet bunyi? Makasih yah Om.
Eko

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Jawab:
Saya jawab soal kaki yang diangkat dulu ya. Itu tidak masalah. Biasalah burung ngangkat satu kaki ketika santai sambil ngeriwik ataupun tidur.
Soal pakan, ya standar saja = voer, buah (pepaya saja; kalau pisang cari pisang kepok putih, jangan yang kuning/merah karena sering membuat sembelit), cacing (sepekan dua kali) dan untuk AK kalau bisa usahakan krotonya ada setiap hari sekitar 1 sendok makan).
Untuk rawatan, rutinkan mandi di karamba setiap pagi-sore, atau pagi saja, atau sore saja terserah kapan Anda sempat. Hanya saja, harus konsisten apa pagi terus atau sore terus atau pagi-sore. Jangan kadang pagi kadang sore; membuat burung tidak mapan.
Untuk jemurnya dari pagi-pagi sekali sampai jam 8 atau 9an. Jangan jemur di terik matahari secara langsung sehabis mandi, terutama kalau matahari sudah terasa menyengat, soalnya bulu jadi rusak/jelek.

Mengenai jantan-betina
Banyak “teori” tentang AK jantan atau betina. Semua membedakannya berdasar tongkrongan dan warna bulu. Cuma menurut saya, soal warna, garis warna, bulu dan body dan lain2 sering kali tidak ada standard yang bisa dipedomani bersama-sama.
Sekadar pengalaman saya, kalau pengin memastikannya, pegang saja (kalau Anda berada di pasar burung, misal harga rata2 trotol Rp. 300rb, maka katakan kepada penjualnya, kalau boleh memilih dengan meraba, Anda akan bayar Rp. 350rb, biasanya penjualnya membolehkannya).
Raba dan rasakan bagian supit urangnya (tulang rongga dubur/kelamin):
Untuk usia di bawah 7 bulanan, jika keduanya ditekan bersama (secara wajar) kemudian terasa cenderung melebar lebih dari setengah senti, kemungkinan besar betina. Jika relatif tidak tarasa membuka, tetapi malah terasa keras, kemungkinan besar jantan.
Untuk AK di atas 7 bulanan, perbedaan hasil rabaan lebih terasa. Untuk yang jantan, terasa keras dan tidak membuka. Yang betina, bisa ditekan-buka.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss…

Jantan betina dari sisi ngriwiknya

Untuk membedakan AK muda/trotolan jantan apa betina, paling mudah justru melihat ketika ngriwik. Kalau saat ngiwik paruh juga buka-nutup, itu jantan. Kalau relatif hanya mbuka sedikit, dan tidak ada gerakan buka-nutup, tetapi cuma lehernya saja kelihatan glembung2, itu betina.
AK cewek, meskipun hanya terlihat lehernya saja yang glembang-glembung, suara ngriwiknya bisa terdengar keras.
Dengan melihat tanda2 seperti itu untuk membedakan jantan apa betina, akurasinya bisa sampai 90%.

Baca juga  Merawat burung di musim hujan

Untuk pengetahuan lain, maka saya juga pernah menyampaikan bawah jika AK itu relatif sudah nggak takut orang (burung lama yang telah melewati masa stres kalau itu adalah tangkapan hutan), bawa saja ke teman yang punya AK yang jelas2 sudah ngeplong atau ngerol kenceng (berarti jantan). Jika AK Anda nyendok2 (ya gerakan khas kayak orang kalau sedang celingukan mau nyuri jambu atau mangga milik tetangga, hehehe), maka itu jantan. Kalau cenderung menggetar2kan sayap (ya seperti gadis kenes yang didekati cowok begitulah, hehehe), maka itu betina.
Untuk burung liar (baru, tangkapan hutan), ya pegang saja seperti saya sampaikan itu. Raba supit urangnya (untuk pengetahuan akan tulang supit urang ini, lebih afdolnya coba cari di penjelasan tentang struktur tubuh burung yang bisa kita search di internet). Stres-nya burung baru (tangkapan hutan) nggak akan bertambah secara signifikan kalau kita tambah dengan dipegang untuk diraba supit urangnya. Santai saja-lah.

AK muda yang masih trotol nggak peduli jantan atau betina, suka ngeriwik. Setelah mabung pertama, tidak semua AK jantan juga langsung bisa ngeplong atau ngriwik keras. Dari penjelasan Anda dan pengetahuan saya yang terbatas, maaf saya tidak bisa mengatakan apakah AK anda jantan atau betina.

Untuk menambah referensi mengenai AK jantan apa betina ini ada beberapa pendapat yang saya rekam di forum diskuis soal AK di kicaumania.or.id. Tetapi ingat, patokan ini semuanya masih hipotesis berdasarkan suara, tampilan body dan warna, yang menurut saya sangat relatif dan karenanya sulit dijadikan pegangan.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis… Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pendapat 1:
Sebagai penggemar burung penyanyi, umumnya punglor kembang yang dipelihara adalah burung yang berjenis kelamin jantan. Lebih-lebih apabila dipelihara dengan tujuan untuk dilombakan. Dibanding yang betina, punglor kembang jantan lebih memiliki kicauan yang bervariasi. Di samping itu, juga bervolume lebih keras dan lantang.
Menentukan jenis kelamin punglor kembang harus jeli benar. Gampang-gampang susah. Berdasarkan pengalaman para penjual dan pemerhati burung, ada beberapa patokan yang bisa dipegang. Pertama, perhatikan matanya. Bila mata tampak menonjol, berarti burung jantan. Sebaliknya bila datar, tentulah berkelamin betina. Patokan tersebut bisa digunakan pada saat kita memilih piyik, trotolan, maupun bakalan.
Patokan kedua yang berlaku untuk pemilihan punglor kembang bakalan adalah dengan mengamati bulu-bulu di bagian pantat. Bulu-bulu di bagian pantat punglor kembang betina umumnya polos sewarna, yaitu putih. Pada punglor kembang jantan ada beberapa baris bulu berwarna hitam yang berlekuk-lekuk menyerupai pola gambar awan. Pada piyik dan trotolan memang belum jelas terlihat, tetapi pada bakalan pola tersebut sudah bisa dilihat.
Mendengar suara punglor kembang dengan seksama adalah patokan ketiga. Apabila kicauan bakalan terdengar lebih keras dan nyaring, menandakan jantan. Begitu pun dengan suara piyik. Piyik jantan biasanya ngriwik lebih keras dibanding piyik betina.
Hal lain yang bisa dilakukan untuk melihat apakah seekor punglor kembang jantan atau betina adalah dengan cara saling mendekatkan dua buah sangkar burung berisi punglor kembang. Anggaplah kita belum tahu mana jantan mana betina. Kalau kedua burung tersebut saling mendekat dan bersikap menantang seakan hendak berta rung, berarti keduanya jantan. Sebaliknya bila keduanya bersikap biasa alias acuh, mereka semua berkelamin betina. Namun, apabila kedua punglor bersikap berbeda, pertanda keduanya memiliki jenis kelamin yang berbeda. Punglor jantan akan sibuk mendekat sambil bergerak-gerak gelisah seakan hendak mengejar atau memburu, bahkan terkadang hingga menabrak sangkar. Sementara yang betina akan mengepak-ngepakkan sayapnya (ngeper) dengan paruh dibuka dan ditutup (sifat bercumbu).

Baca juga  Antara doping burung dan para jawara lomba kicauan

Pendapat 2:
“Dari pengamatan dan pengalaman saya tidak semua AK jantan akan berani mengeluarkan kicauannya saat ditemukan dengan sesama AK lainnya. Jadi tidak bisa jadi patokan bahwa AK tersebut betina.

Pendapat 3:
Selama ini saya perhatikan kalau anis kembang jantan bentuk body nya kecil panjang dan pamer paha kalau berdiri nya, maksud nya paha nya lebih kelihatan panjang.
Sedangkan untuk anis kembang betina bentuk body nya cenderung bulat/buntet dan yang terutama kalau paha nya tidak kelihatan panjang, karena cenderung seperti burung setengah jongkok. mungkin porno kalau kelihatan semua.

Pendapat 4:
1. Untuk mata= AK co menonjol n memanjang, kalo AK ce menonjol juga tapi mbulat bentuknya.
2. Untuk pola gambar awan, saya kurang setuju. karena ada juga AK ce berbentuk pola awan. Burung AK sangat sulit ditebak jenis kelamin dr pola gambar awan ini,banyak pakar juga meragukan teori pola gambar awan ini.
3. Untuk suara, AK co lebih tegas, panjang suaranya dan banyak variasi suaranya. contoh: AK gak bunyi aaaaa trus tp a,b dst. sedangkan AK ce, suaranya mendayu2 seperti memanggil2 n datar suaranya. bunyinya monoton gak ada variasinya kicauan..
No. 1. masalah mata setuju yaitu Co= belok dan menonjol , tapi susah untuk dipratikkan dan harus ada pembanding. Untuk para pemula teori ini sangat susah dilaksanakn ( apalagi untuk trotolan .. boleh ditanya ke rekan-rekan KM yang kemarin ikut Kopdar AK … susah dan bisa sangat terjebak )

Baca juga  PRESTO CUP

Pendapat 5 (menanggapi pendapat 4)
No.2. Pola gambar awan, saya tidak setuju dan menurut saya kurang pas.
No.3. Benar, Co lebih tegas dan panjang. Untuk Trotolanpun bunyi Co berbeda dengan Ce. Trotolan Co biasanya bunyi sekali dan panjang, sedangkan trotolan Ce bunyi pendek dan berulang.
Untuk Dewasa Co. ngriwik langsung punya lagu dan sedikit crecetan, klo ce agak banyak crecetan
No. 4. Cara yang paling mudah dilakukan dan 98% peluang berhasilnya yaitu membedakan warna batas leher dengan pundak ( dari warna coklat mau ke hitam ). Di perbatasan tersebut warna Co lebih gelap dan warna Ce lebih terang lebih menyerupai baju pramuka. ( atau terang seperti warna merah di AM ). Untuk belajar cara ini memang sebaiknya ada pembanding AK Co dan Ak Ce, dan cukup diperhatikan di warna lehernya saja ( terang adn tidak , semakin terkena sinar matahari makin terang warnanya / semakin kelihatan).

Pendpaat 6
Kalau saya memilih AK trotol /piyik selain dari body bisa dari suara cretetan yg menyambung dan jernih/kristal, feeling sendiri dan cari bulu putih di sayap yg ngeblok.

Begitulah masalah AK cowok/jantan atau cewek betina. Semoga tidak membuat Anda jadi tambah bingung ya, hehehehe.

Salam,

Merawat Anis Kembang Lanjutan

Salam kenal n met pagi Om Duto…

Om, saya boleh minta saran ga terhadap momongan saya.

Soalnya dah pusink…

Dirawat maks (menrt versi saya) tp ttp ga mau maksimal hasilnya…

1.Anis kembang

AK pertama usianya dah tua, eks burung lapangan.

Tahun lalu saya ambil dari cianjur..

Berdasarkan informasi dari perawat yg pertama kl Efnya cukup cacing 1/1

Sekarang kondisinya baru kelar mabung sekitar 1 bulan lalu…

Kondisi sekarang hanya ngeriwik kasar n sesekali ngeplong…

Pertama saya ambil burungnya n saya turunkan dia hanya ngeplong2 n besoknya langsung mabung.

Namun mabungnya berhenti di tengah (setelah ekor ganti total) n sayap n bulu halus banyak yg blom turun.

Nah setelah mabung yg jelek itu burung ga pernah mau ngerol di rumah..

Dibawa ke tpt temen ato pinggir lapangan baru mau ngerol.

Pernah sekali saya turunkan namun hanya ngerol pendek2 terus naik turun dari tangkringan (saat itu ef masih ttp cacing 1/1)

2 bulan lalu dia mabung lagi n bagus…(semua bulu yg blom turun udah ganti semua)

N ampe sekarang sejak kelar mabung 1 bulan lalu tuh burung blom ngerol…

Kondisi di rumah per senin lalu cewean saya ungsikan ke rumah perawat…

Baca juga  Murai Batu (4): Kelebihan berdasar daerah asal

Pola jemur : jam 4 buka kerodong, trus jemur ampe jam 9, mandi n gantang tpt teduh n jam 11 kerodong ampe malam

EF : cacing 1/1, sejak senin lalu saya coba berikan kroto (senin, rabu, jumat)

Mandi : pagi aja

Buah : apel tiap hari

Voor : CP clasic 1 sdm tiap pagi

Kondisi ak nya kl saya liat sering naik turun tangkringan kl di rumah ato liat org..

Mohon saran dan masukkannya om biar ak saya bisa ngerol nancep n moncer di lap..

2.Anis kembang 2

AK kedua usianya baru kelar mabung 1, jadi sekitar 1 tahun.

Kondisi sama, di rumah hanya ngeriwik kasar n ngeplong seseklai.

Dapat dari penangkar n jenis kelamin bisa saya jamin jantan.

Pola jemur sama kayak AK 1

EF : jangkrik 2/2, cacing 2/2

Mandi : pagi

Buah :apel

Voor : cp calasic 1sdm

Mohon sarannya jg om duto..

3.MB

Nah ini mb lebih bikin pusink lagi hehe…

Mb dari NAD, baru kelar mabung pertama dari trotol..

Yg bikin pusink neh mb ga pernah mau bunyi di rumah..

Jadi makan minum tok….hehe…

Pernah saya trek di rmh tmn, mb nya mau kerja fight lawan 2 mb lebih tua 2 jam lebih…

Tp power n suara blom lepas..

Tp mental ok…

EF : pagi kroto, jangkrik 5/3, cacing 1ekor/mgg (pernah saya kasih jangkrik ampe 15 tapi ttp aja dia bisu di rumah)

Baca juga  Limus BC Cileungsi gelar even Tahun Baru, 2 Januari 2016

 

Mandi : pagi

Jemur : ampe jam 11 trus kerodong ampe malam, jam 8 baru kasih 3 jangkrik

Knp ya om duto mb saya ga pernah mau bunyi di rumah…

Ada yg salah dgn rawatan saya ??

4.kenari

kenari kuning, suara bisa ampe 4-5 oktaf…

pengen saya bawa lomba om…

mohon saran rawatan menjelang lomba..

rawatan harian :

EF : kroto senin, rabu, jumat

Makanan : 1 sdt biji2an tiap hari

Buah : apel tiap hari

Jemur ampe jam 11 tiap hari trus kerodong ampe malam.

Mohon saran biar kenari saya bisa moncer om..

Mohon maaf kl kebanyakan nanyanya om…

Thanks

Ron (pertanyaan melalui PM di www.kicaumania.or.id)

Jawab:

Untuk AK2-nya nggak ada masalah sepertinya. Cuma kalau untuk yang muda, jangan didekatkan dengan yang tua.

Saya lihat kok tidak disebutkan soal EF kroto ya? Coba jangan pelit2 kroto untuk AK. Kroto, sementara ini menurut pengalaman saya, adalah EF kunci utama untuk AK.

Untuk MB-nya, trotolan dari hutan memang cenderung lambat bunyi. Beda dengan MB tangkaran. Trotolan tangkaran sudah ngeciwis sejak bayi. Punya saya misalnya, usia 7 bulan sudah bisa ditrek. Cihuiiii.

Jadi, memang hanya perlu bersabar dan tempel saja dengan suara isian (asli burung ataupun CD/kaset).

Untuk kenari, rawatan sudah betul hanya soal kerodongnya cukup sore sampai pagi. Biasakan dia bunyi di rumah agar ketika ditrek nggak terlambat bunyi atau malah cuma mau ngejar2 kenari lainnya.

Baca juga  Latpres POM Jaya Bekasi, Senin (27/4)

Kroto untuk kenari jumlahnya seberapa? Jangan banyak2. Bisa dikasih rutin setiap hari tetapi cukup 10-15 butir.

Sementara itu dulu Om sambil ditunggu perkembangannya.

Salam,

Duto

Cara Merawat Anis Kembang

Salam Hormat,

Om Duto mohon kiranya membantu saya dalam merawat Anis Kembang( masih trotol belang hitam di dada dah keliatan biar sedikit sekali )

yang saya tanyakan:

1. Mandi sebaiknya jam berapa dan berapa kali.

2. Penjemuran waktunya berapa lama.

3. Pemberian kroto, Jangkrik, Cacing, buah berapa

banyak & berapa kali dalam sehari.

4. Kapan pengkrodongan harus dilakukan.

5. Master apa yg bagus untuk AK.

Sekiranya ini dulu Om Duto sebelumnya saya ucapkan terimakasih, saya mau belajar merawat Anis Kembang soalnya saya kalo liat lomba pasti jadi ngebet banget pengen meliara buat klangenan di rumah.

Baca juga  Perawatan burung anis kembang full kroto

Salam, (Pertanyaan dari Tjondro75 melalui PM di www.kicaumania.or.id)

Jawab:

Ok saya jawab to the point saja ya:

1. Sekali sehari saja. Kalau bisa, jemur dulu barang sebentar pagi hari sebelum dimandikan. Jadi tidak dalam kondisi dingin langsung dimandikan. Tetapi sebaliknya, jangan habis dijemur lama langsung dimandikan. Untuk AK dewasa, bisa dia kali sehari, pagi-sore. Habis dimandikan jangan langsung dijemur. Angin2kan dulu biar airnya kering dulu, baru dijemur.

2. Jemur normal paling setengah jam saja di pagi hari.Porsi jemur bisa ditambah jika bulu sudah kuat/tua. Penambahan porsi jemur dilakukan secara bertahap dari hari ke hari.

 

3. Pagi hari, jangkrik 4-5 (sehabisnya berapa). Setelah itu tambah kroto dengan porsi minimal sesendok makan sehari. Sore jangkrik 4 ekor. Diberikan tiap hari. Untuk cacing,1-2 ekor di siang hari (nggak mutlak).

Baca juga  AK jantan butuh di-charge betina?

4. Di malam hari. Tapi kalau pengin nglatih agar bunyi di kala sunyi, nggak usah dikerodong di malam hari dan didekatkan lampu (suasana terang).

5. Suara jangkrik. Jika anakan AK bisa merekam suara jangkrik, dia akan relatif mudah merekam suara apa saja.

Begitu Mas? Semoga membantu.

Salam,

Duto

Karena bising Anis Kembang Mandek Bunyi

Malem Pa Duto.

Saya Steefen, mo tanya soal AK. Saya baru dapet AK kemaren, kata temen saya sih (yang jual) AK udah sempet ngerol tapi karna di depan rumah dia agen minyak tanah yang kalo nurunin drum ribut banget jadi ngerol nya mandek.

nah sampe sekarang AK nya gak mau bunyi. Saya coba kerodong pas malem dia krapyakan.. Saya coba taro di dalem rumah dan lampu di matiin eh dia krapyakan juga, saya jadi bingung?!?

Untuk perawatan yang saya lakukan sekarang sih, pagi mandi keramba lalu jemur +- 2jam; EF nya kroto, jangkrik 2, apel. sore jangkrik 2.

 

Oh ya di rumah juga ada burung tledekan (sangkarnya bersebalhan), cucak jenggot, crocokan (ini punya pembantu saya).

Katanya burung itu baru satu kali mabung, tapi kok ngirik aja jarang banget. Gimana ya Pak solusinya, apa ada obat yang bisa bikin burung rajin lagi? Atau gmn threatment yang benar buat AK?

Mohon bantuannya pa.

 

Jawab:

Salam,

Kalau soal perawatan nggak ada yang salah itu. Tetapi kalo soal dulu ngerol lalu macet, memang banyak kasus seperti itu. Cuma apa benar pernah ngerol atau belum, itu yang jadi pertanyaan.

Terlepas dari semua itu, coba kalau mo latih kerodong, jangan diletakkan di kegelapan.

 

Sedangkan soal usia baru sekali mabung, maka apa ya benar sih pernah ngerol. Biasanya AK ngerol bagus kalau sudah mabung kedua, kecuali AK2 tertentu yang memang bagus secara kualitas indukan (biasanya hasil tangkaran atau pelihara sejak usia meloloh).

 

Coba kalau sempat dan ada, pinjam AK atau AM betina punya kawan untuk ngecas barang sebentar untuk melihat reaksinya. Kalau dia nyendok2/ngidang2, maka dia jantan dan bisa diharapkan terpancing untuk bunyi begitu ada AK betina.

Untuk perawatan sudah betul-lah, tetapi bisa dicoba tambah EF cacing sehari 2 ekor (kecil saja).

Saya tunggu kabar berikut. (Duto)