Memelihara Burung Kacer Mabung

 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Om gimana cara merawat kacer pada saat sebelum mabung dan saat mabung dan kira2 berapa lama proses untuk kacer mabung?.  Trimmmsss……bwat infonya

Paunks

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss…

Jawab:

Perawatan untuk kacer ketika tanda-tanda mau mabung sudah kelihatan (bulu2 kecil mulai berjatuhan satu-dua) lakukan saja treatment mabung secara ekstrem agar mabung sempurna:
1. Full kerodong.
2. Ganti merk voer (ganti voer 521 pakan ayam jig bagus untuk mempercepat rontok).
3. Tembak kroto sehari sesendok makan (kalau untuk harian, kacer tidak perlu dikroto. Pemberian kroto dihentikan setelah bulu lama rontok semua).
4. Nggak dimandikan, nggak dijemur.
5. Nggak usah dibersihkan kotorannya selama tidak berjamur.
6. Taburi dulu bagian dasar sangkar dengan kapur setebal sekitar 2 mm merata; kemudian di lapisan atasnya taburi lagi dengan dedak/katul setebal sekitar 1 cm juga merata.

Baca juga  Burung mabung, antara “cabut paksa” versus “mandi sauna”

Proses mabung kacer lebih cepat ketimbang MB misalnya. Mulai bulu rontok sampai bulu pulith kembali sekitar 2 bulan. Setelah bulu pulih semua, baru burung dimandikan dan jemur secara bertahap. Baru sekitar 1 bulan setelah bulu lengkap, yakni setelah melalui proses penjemuran dsb, kacer bisa ditampilkan/ditrek dengan kacer lain.
Oke?

Tanya:

Saya mau tanya lagi neh Om….Duto :
1. Kacer ngurak/mabung belum tuntas maksudnya  bagaimana ?
2. Cara mengatasi kacer yang ngurak/mabung belum tuntas ?
3. Cara merawat kacer yang sudah melalui masa   ngurak/mabung agar kondisinya fit kembali ?
3. Cendet biar ga suka salto diapain soalnya bunyi selalu diimbangi dengan gaya saltonya?
4. Klo boleh nambahin om.. info tentang seputar kacer tolong ditambah ya… biar seru….

Thanks…..
Salam Kenal Paunks

Jawab:

1. Kacer mabung belum tuntas itu artinya bisa jadi bulu baru sudah komplit, tetapi masih ada bulu-bulu kecil yang tertutup lapisan tanduk. Itu artinya ada bulu yang belum mecah/terbuka secara sempurna.
Biasanya ini terlihat di bagian kepala, leher, dekat paruh dsb.
2. Ya masih terus dilanjutkan terapi mabungnya.
3. Mandikan dan jemur rutin secara bertahap. Untuk mandi, minimal sehari sekali. Untuk penjemuran jangan lama-lama pada tahap awal. Misalnya, pada hari pertama sampai hari ketiga mulai jam 7 sampai jam 8. Hari ke-4 sd. ke-7 sampai jam 9. Hari ke-8 dan seterusnya sampai jam 10.
4. Kalau pentet suka salto, maka itu sudah menjadi karakternya. Sulit dihilangkan. Untuk menguranginya, pakai kandang kotak (panjang-lebar sama; tinggi standar) bukan yang bentuk bata (panjang-lebar berbeda).
Selain itu tangkrigan dibuat dua, saling melintang atas bawah.
Cuma, kalao sudah terbiasa salto, kalau dia tidak ada tempat untuk bersalto, maka power suara/kegacorannya bisa berkurang.
5. Saya usahakan ya.

Baca juga  Kesabaran ADR menangani kacer Dewa Racun

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis… Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Salam,

Jenis kelamin kacer dan asalnya

Salam kenal Om Duto, saya ingin memeliara kacer om. tapi saya belum pernah pelihara burung sebelumnya jadi NOL tentang dunia burung.yang saya mau tanya.
1. apa saja sich jenis kacer?
2. yang paling bagus tuh jenis apa yah om?
3. bagaimana cara bedain jantan atau betina pada kacer, pa benar kata orang jantan atau betina juga bisa ngoceh?
trims

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Jawab
Waduh, pertanyaannnya sedikit tetapi njawabnya yang harus berpanjang lebar. Tetapi singkat kata, kacer apa yang Anda maksud?
Apakah jenis kacer anis atau kacer dalam pengertian kacer seperti kacer hitam?
Untuk jenis anis, ya ada anis merah (di jawa disebut cerbang atau kacer abang), anis kembang, anis cendana, anis macan dsb.
Untuk jenis kacer hitam, ada kacer hitam dan kacer poci.
Kalau Anda betul pemula, saya sarankan beli kacer hitam atau kacer poci saja. Selain mudah perawatannya, cepat bunyi dan gacor, maka untuk membedakan jantan atau betina lebih mudah. Yang jantan, pada warna hitam terlihat berkilau, legam. Untuk cewek, hitamnya kusam dan cenderung berwarna abu-abu.
Beli saja kacer hitam yang sudah bunyi meski belum variatif tetapi berarti dia sudah relatif tidak takut orang. Jangan beli burung bakalan yang takut orang meskipun Anda ditawari dengan harga murah. Malah bikin stress.
Untuk referensi, bisa baca postingan saya. Klik di sini saja.
Begitu Om?
Salam,
Duto

Susah Mabung Kacernya

Mas Duto, saya mo tanya nih. Saya punya kacer yang sudah 2 th tidak mau mabung2 sehingga bulu sudah pecah2. Saya sudah lakukan treatment yang bermacam-macam tp hasilnya nihil. Terakhir saya semprot pake cairan perontok buatan pabrik sampai habis 1 botol + perbanyak ulat hongkong, kurangi EF jangkrik + stop mandi + kerodong full. Ternyata sudah 2 minggu ini tidak membuahkan hasil,
Gimana solusi permasalahan saya ini Mas?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Jawab:
Weh, bandel ya? Ada tips dari Om Aries-Bumen di kicaumania.or.id. Kira-kira begini cara untuk merontokkan bulu:
1. Pakai air kelapa kelapa yang sudah tua…(bukan kelapa muda)
2. Semprotan burung
3. Karamba
– Masukin air kelapa di semprotan burung
– Masukan burung di dalam keramba (keramba burung diisi air yang hangat suam2 kuku)
– Semprot burung dengan air kelapa tsb sampai benar2 basah kuyub. Apabila burung mandi, biarkan mandi di dalam karamba, yang penting sudah disemprot air kelapa samapai basah banget…
– Jemur burung sesaat (lalu angin2kan sampai agak kering), terus dikerodong.
– Ulangi cara tersebut sampai ketemu hasilnya… Paling cepat 1-2 minggu sudah kelihatan hasilnya…
– Jangan menyemprot air kelapa langsung disangkar burung karena mengundang semut.
– Sisa air kelapa bisa dimasukan ke kulkas dan dipakai lagi keesokannya ( yang penting kelapa tua).
Bagaimana? Bisa dicoba. Bagaimana hasilnya, nanti di-sharing di sini ya?
Salam,
Duto

ketika kacer mbagong

Banyak teman yang bertanya mengenai mengapa kacer mereka mbagong (nguda laut) atau berbunyi ciirrr…cirrr…sembari menekuk kepala dan memekarkan bulu.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pertanyaan itu pernah disampaikan teman kita juga di blog ini:

“Mas,mau tanya lagi dong.. saya baru dapat kacer Jawa Barat , Suara tebel abis,bikin  kuping pengeng. Sering saya umbar. Pagi2 pas saya keluar kan berbarengan dgn AK , kacer langsung ngebagong. Aapakah kacer saya takut pada Anis Kembang? AK-nya memang sudah ngeplong dan ngerol..bagaimana cara menghilangkan ngebagong kacer tersebut?

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss…

Jawab saya waktu itu adalah:

Bisa jadi kacer Om mbagong karena ketemu AK. Hanya saja barangkali bukan itu penyebab mutlaknya. Sebab pada dasarnya kacer mbagong atau tidak, itu sangat kondisional.

Sebelum saya tunjukkan mengenai tempat saya pernah membicarakan soal kacer mbagong, saya ingin mengomentari mengenai umbaran untuk kacer…. Selama ini saya masih punya keyakinan berdasar pengalaman bahwa umbaran itu tidak bagus untuk burung lomba. Hanya saja, bila memamg sudah menjadi kebiasaan burung Anda,dan terbukti bagus, silakan dilanjutkan.

Kacer Brandon
Kacer Brandon meraih double winner dalam kontes P23B Ngebong Boyolali.

Soal kacer mbagong, memang rata2 kacer so pasti mbagong. Hanya saja munculnya karakter itu antara satu kacer dengan yang lainnjya berbeda-beda. Hal itu juga dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mental kacer pada saat itu.

Baca juga  Joko Billion dan tiga kacer berkualitas sepadan

Rata-rata kacer yang jawara pun pernah mbagong. Jadi, harus ada semacam catatan pada kacer kita, dalam kondisi apa dan penyebab apa kacer itu biasanya mbagong dan dalam kondisi seperti yang tidak mbagong jika ketemua kacer lain. Dengan mengetahui itu, kita bisa menekan semaksimal mungkin agar kacer tidak mbagong kalau ditarungkan.

Dalam persoalan mbagong dan tidak mbagong ini, bahkan saya berani mengatakan bahwa “tidak ada kacer yang tidak pernah mbagong”.

Saya sangat setuju dengan tulisan rekan LinduAji di forum kicaumania. Dia menulis seperti ini:

1. Kebanyakan kacer PASTI bagong dan itu tidak dapat dipungkiri karena itu bawaan dari alamnya. Saya berani jamin dah burung-burung kacer yang bagus-bagus di lapangan lomba sepintas memang tidak bagong tapi coba dilihat sehari-harinya mesti dia akan sempat bagong cuman yang terpenting adalah perawatan dan penguncian di lapangan yang harus ekstra ketat.

2. Burung Kacer bagong ada berbagai penyebabnya:
a. Segi bawaan: ada burung memang dari segi bawaan dia sudah sering bagong jadi dari segi ini burung sudah tidak harapan untuk dibuat lomba atau untuk dipoles lagi karena akan menuai hasil yang tidak bagus. Sarannya jual saja ke pasar.
b. Segi perawatan: dari segi ini apakah kita sudah benar dalam hal perawatannya, misalnya mandi, jemur plus ekstra foodingnya. Kebanyakan kacer bagong karena dari segi perawatannya memang sudah salah. Kacer itu burung yang suka panas maka pemberian pakan seperti kroto itu sedikit saja atau kalau tidak sekali selang waktu dua hari; itu bertujuan meredam hawa birahi yang berlebihan karena sifat dari burung kacer adalah fighter, sehingga diharapkan dalam pemberian kroto selang dua hari ini agar burung tetap fit di lapangan alias tidak gembos di tengah jalan. Saran saya, burung kacer itu lebih baiknya difooding jangkrik saja sekitar 10 sampai 20 sehari karena di dalam tubuh jangkrik itu bersifat dingin dan lebih berpotensi untuk menjerihkan suara plus power.

Baca juga  Panduan penangkaran kacer untuk pemula

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis… Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kacer Bodrek
Kacer Bodrek, gaco lawas milik H Mahfud yang terus berprestasi.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dapat dibuktikan burung (dalam hal ini kacer) yang kebanyakan ekstra kroto sama jangkrik itu dapat kita lihat jelas sekali perbedaannya. Burung kroto pasti terlalu birahi dan kebanyakan bagong kalo burung jangkrik mesti powernya dahsyat dan burung diam di plangkringan alias anteng tapi kerja dan tidak gembos.

Masalah mandi cukup sehari sekali karena kalau burung kebanyak mandi seperti kacer akan mengundang birahi bagongnya karena si burung akan sering “didis” (merawat bulunya) sewaktu kita jemur.

Kacer Pringgondani
Kacer Pringgondani

Penjemuran untuk kacer itu relatif tergantung burungnya. Kalau burung bakalan mau kita jemur lama sih tidak apa-apa karena bertujuaan untuk pembentukan badan dan melatih nafas agar tidak mudah terserang penyakit. Kalau burung jadi, maksimal penjemuran sekitar tiga jam itu sudah sangat cukup, dengan alasan burung jadi itu tidak perlu lama-lama dijemur karena nanti kalau pas di lapangan akan cepat habis tenaganya alias gembos tengah jalan. Makanya kita banyak-banyak kerodong dia agar banyak istirahat. Supaya nantinya fit di lapangan.

Baca juga  Jika kacer mbagong duluan, pemilik harus traktir minum peserta lainnya

Nah begitulah tulisan Om Lindu Aji.

Sekadar tambahan referensi, untuk kacer yang kebanyakan bagong, Anda bisa melakukan terapi mandi pasir. Apa dan bagaimana mandi pasir, bisa dilihat dalam tulisan: Mandi pasir untuk burung, fungsi dan kegunaannya.

Bolehkah kacer dikasih kroto

Tanya:

 

Semenjak saya gunakan kroto, sebagai usaha coba2 tuh tahu apakah kacer sy mau tahu apakah dia mau makan kroto? Krn selama ini sy beri dgn Jangkrik.

Ternyata kroto di sikat habis, setengah tempat makan juga habis, krn sy campur 4 tetes madu tahu dah AsPal ngk ??

Akhir2 ini sya perhatikan dia kurang suka dgn jangkrik? kenapa ya? dang bgm membuat agar dia kembali suka jangkrik? krn jangkrik ngk laku ya, rugi juga kocek kan sayang mubajir, kalo ngk di habiskan.

Minta pencerahan dr para kicau mania, siapa tahu ada ide? (daniel)

Jawab:

Tuk rekan-rekan KM, kacer hitam (KH) jangan diberi kroto. Sekali-sekali, juga nggak perlu. Tidak ada peningkatan performa burung yang signifikan saat dilakukan pengubahan jangkrik ke kroto kecuali pada pemborosan yang memang signifikansinya lumayan, hehehehe.

Kroto hanya perlu/mutlak rutin untuk MB, AK (juga cacing) dan tledekan/sulingan. Sedangkan untuk AM, cukup 3 hari sekali, itu saja hanya sesendok teh sehari. Jangkrik, juga nggak perlu banyak2 untuk AM, cukup 2 ekor pagi, seekor sore.

 

Itu semua berdasarkan pengalaman di dunia perburungan yang saya tahu dan praktekkan selama ini.

Sedangkan untuk mengembalikan agar KH suka lagi jangkrik, ya nggak perlu diberi kroto lagi. Kasih saja voor dan jangkrik. Atau kalau perlu, voer dihilangkan dulu sehari-dua hari, baru setelah kembali doyan jangkrik, kasih voor (treatmen jangkrik).

Pemberian madu untuk burung juga jangan rutin. Cukup 4-5 hari sekali. Kalau minuman dicampur madu secara rutin, biasanya burung enggan makan makanan lainnya. Dia akan kekurangan nutrisi yang tidak ada di madu (juga karbohidratnya kurang) sehingga power kurang. (Duto)